June 6, 2015 jejakkakirani 0Comment

 

Setelah melalui perjalanan sekitar 2 jam dari Malang, saya bertemu dengan pantai ini. Pantai Sendang Biru. Sebuah Pantai yang terletak di Malang Selatan, mungkin sedikit terdengar asing di telinga para traveler. Tapi jangan tanyakan keindahannya! Deretan perahu nelayan menyapa begitu saya menginjakkan kaki di pasir yang lumayan halus. Birunya langit seakan merupakan pertanda bahwa semesta merestui pertemuan kami. Ah! Selamat berjumpa, Sendang Biru…!

Pantai Sendang Biru
Setengah jam saya duduk di bawah pohon yang lumayan rindang, sekedar menikmati keindahan yang ada di depan mata. Sebenarnya, tujuan utamanya bukan pantai ini. Ada sebuah pulau yang tak terlalu besar yang tak jauh dari pantai ini. Sekitar sepuluh hingga lima belas menit perjalanan saja dengan perahu mesin. Ya, saya akan menyeberang ke pulau itu!
Satu jam kemudian, saya sudah berada di tengah-tengah hutan berjalan bersama para traveler lainnya menuju ke salah satu spot paling indah di pulau ini: Segara Anakan!
Satu setengah jam saya berjibaku dengan medan yang kurang bersahabat bagi kaki. Sedikit berlumpur dan terdiri dari batu-batu karang. Sambil menahan perih jempol kaki yang tergores, saya melanjutkan perjalanan hingga pada akhirnya suara deburan ombak lamat-lamat terdengar. Aih….! Saya semakin tak sabar.
Seluruh letih terbayar juga setelah akhirnya laguna berair jernih itu berada tepat di hadapan. Deburan ombaknya seakan berkata: Perkenalkan! Saya adalah Segara Anakan!
Kenalkan! Saya adalah Segara Anakan!
Clear Water
Hanya dua jam saja saya berada di sini. Sebelum matahari terbenam dan langit menjadi gelap, saya harus sudah berada di perahu nelayan. Tak ada tempat menginap di sini. Pulau tak berpenghuni ini memang sebenarnya tidak dirancang sebagai tempat wisata, karena status sebenarnya adalah kawasan hutan lindung. Bukan kawasan wisata. Kalaupun ada yang ingin melewatkan malam di sini, berkemah adalah satu-satunya pilihan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *