June 13, 2016 jejakkakirani 0Comment

IMG_6990

Turun dari bis, angin dingin menerpa. Saya merutuk dalam hati. Sial! Saya tidak membawa jaket. Pagi tadi cuaca Glasgow hangat bahkan cenderung panas. Jadi, diasumsikan cuaca di St. Andrews pun demikian. Agaknya saya lupa kalo kota mungil ini terletak berbatasan langsung dengan laut dan berada sedikit lebih utara daripada Glasgow.

Setelah membeli sebuah coat lumayan hangat dari sebuah charity shop, perjalanan mengelilingi St. Andrews pun dimulai. Saya memang kesorean datang ke kota ini. Tapi, tak apa. Toh di awal musim panas ini, siangnya panjang. Matahari baru terbenam setelah pukul setengah sepuluh malam. Masih banyak waktu untuk mengelilingi kota ini.

St. Andrews, saya baru mendengar namanya beberapa bulan setelah saya berada di Inggris. Seorang teman menyebutkan bahwa kota ini merupakan sebuah ‘kota universitas’ – sebuah kota mungil yang didominasi oleh bangunan-bangunan milik universitas – tempat dimana Pangeran William bertemu dengan istrinya, Kate Middleton. Kota ini sedikit mengingatkan saya pada Durham, sebuah kota universitas juga di selatan Newcastle, sepuluh menit naik kereta.

Kota yang hanya butuh satu jam saja untuk mengelilinginya, begitu kata seorang teman. Namun nyatanya saya membutuhkan waktu dua jam, bahkan sebenarnya masih berasa kurang lama. Kota yang cantik, mungil, dan buat saya sangat memanjakan mata dan jiwa. Reruntuhan kastil dan katedral, gerbang-gerbang lengkung berbatu khas Medieval, sekaligus hamparan laut dan pantai membuat sore  terasa sempurna.

IMG_6810 IMG_6813 IMG_6865 IMG_6936

Sore itu, St. Andrews sepi. Mungkin karena bagi anak-anak undergrad mereka tinggal tunggu wisuda. Sedangkan untuk anak-anak master, mereka sudah tak ada kelas lagi dan bisa duduk manis di rumah sembari menulis disertasi. Tapi justru saya jadi baper karena, hari itu, yang datang ke St. Andrews kebanyakan adalah pasangan. Duh, romantis banget nggak sih, jalan bergandengan berdua di tepi pantai atau menjelajah kota mungil nan cantik ini. Terbayang Pangeran William dan ‘mantan pacarnya’ – Kate Middleton – waktu pacaran di tempat ini. Jangan-jangan mereka jadiannya di pantai, menatap lautan yang terhampar luas, menjelang senja pula!

Ah, St. Andrews memang jago membuat orang baper.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *