October 26, 2016 jejakkakirani 0Comment

IMG_7916

Diaspora Indonesia di Eropa, apakah rindu terhadap tanah air begitu membuncah di dada?

Maka, bergegaslah ke Belanda!

Separuh motivasi saya berkunjung ke Belanda memang seperti itu. RIndu masakan Indonesia dan rindu menyesap teh botol sosro. Melalui akun pathnya, teman saya yang sedang tinggal di Belanda seringkali mengiming-imingi aneka rupa kuliner Indonesia yang memang begitu mudah ditemukan di sana.

Keluar dari pesawat di bandara Eindhoven, saya, entah mengapa jadi deg-degan. Mungkin alam bawah sadar saya membisikkan bahwa meski saya Indonesia sejati, namun ada separuh dari sejarah hidupmu yang bertautan dengan negara ini.

Baru sekejap saya mengitari Leiden, kota dimana saya akan tinggal selama beberapa hari, saya menangkap atmosfer Indonesia di sini. Morfologi kotanya yang mirip dengan morfologi kota-kota kolonial Indonesia ciptaan Thomas Karsten. Ada rasa Malang, Bandung, Semarang, dan Jakarta di sini! Kali lain saya berpindah ke kota lain: Groningen, Amsterdam, Den Haag, dan Utrecht. Tapi semuanya sama. Mengingatkan pada Indonesia.

_dsc0952 _dsc0965 img_7918 img_8004 img_8054

Kerinduan akan Indonesia semakin membuncah ketika saya mengunjungi Rijkmuseum di Leiden. Ada sebuah ruangan khusus yang didesikan bagi Indonesia, berisi koleksi-koleksi arca Indonesia mulai dari Nandi hingga Agastya yang berasal dari candi-candi di Indonesia. Miris, rindu, bersyukur… ah… kalau orang di Inggris bilang… saya mengalami apa yang disebut dengan mixed feeling. Di satu sisi, benda-benda yang punya nilai sejarah itu terawat. Amat sangat terawat. Tapi di sisi lain ‘dipisahkan’ dari rumahnya dan tak setiap orang Indonesia jadi bisa mengunjunginya. Ironis memang!

img_7978 img_7985Lima malam enam hari saya di Belanda. Puas? Belum, meski telah dua kali mengunjungi Si Des demi es teler tape dan berbagai penganan Indonesia lainnya. Dan ketika pada akhirnya harus berpisah, saya tahu kemana saya harus pergi jika rindu tanah air melandan selama di tanah rantau ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *