January 11, 2017 jejakkakirani 0Comment

warremnants

Mengapa harus ke tempat ini? Berulang kali saya membaca review di google tentang mengapa tempat ini layak untuk didatangi. War Remnants Museum nama tempat ini, adalah sebuah museum yang mengisahkan apa yang sebenarnya terjadi di balik Perang Vietnam (khalayak umum biasa mengenalnya sebagai perang Amerika). Menariknya, tempat ini bisa dibilang sebagai bentuk argumentasi pemerintah Vietnam terhadap perang tersebut. Tempat dimana pemerintah Vietnam menyuarakan masa lalunya meski berbeda dengan apa yang telah dituturkan selama ini sekaligus menceritakan bagaimana efek dari Perang Vietnam itu terhadap kehidupan orang Vietnam saat ini.

Berada di museum ini, saya bagai dihadapkan pada dua hal: ‘keuletan’ Vietnam menghadapi Amerika dan kegigihan Amerika dalam menghadapi keuletan Vietnam. Meski keuletan dan kegigihan itu harus melibatkan satu hal: kekejaman.
warremnants3
warremntants4
warrenmnants2

Baik tentara Amerika maupun tentara Vietnam mempunya cara yang keji untuk menyiksa pihak musuh agar kalah. Mulai dari kurungan yang ukurannya tak masuk akal untuk ‘diinapi’ manusia hingga ratusan bahkan mungkin puluhan ribu peluru yang dimuntahkan untuk menghabisi nyawa para musuhnya.

Satu setengah jam saya berada di tempat ini dan merasa patah hati. Patah hati menyaksikan bagaimana demi kuasa sesama manusia tega saling menyakiti. Perang, selamanya memang tidak pernah membawa kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *